December 19, 2009

Migrasi

Sebulan lebih blog ini gak ada komentar di shout-mix dan gak ada postingan baru dari pemilik blog. Saya sendiri males buka, apalagi blogwalking. Karena belakangan ini saya sedang disibukkan mainan baru bernama LINUX.

Jauh hari sebelumnya, sebenarnya saya sudah pernah pakai salah satu distro Linux untuk dual OS dikomputer saya, Wind*ws dan openSUSE. Tapi setelah banyak mengalami masalah dengan Wind*ws saya yang bajakan, hampir bersamaan dengan dirilisnya Ubuntu 9.10 Karmic Koala, sejak itulah komputer saya 100% Linux.

Sebenarnya saya sedikit nekad saat memutuskan install Ubuntu, karena saya gak punya panduan sama sekali. Kawan-kawan saya juga gak ada yang pakai Linux, berarti gak ada yang bisa ditanya secara lisan kalau nanti terjadi kesalahan installasi.

Dan seperti perkiraan sebelumnya, saya sempat dibuat pusing setengah hari pertama bersama Linux. Tapi dengan pengetahuan kosakata bahasa Inggris seadanya, perlahan-lahan masalah sederhana yang biasa dihadapi newbie seperti saya bisa diatasi dengan mudah dengan bantuan forum dan komunitas Linux yang ada di seluruh dunia.
Setiap hari, selalu ada rangsangan untuk mengotak-atik  beberapa tools  canggih yang disediakan Linux, belajar memahami proses apa saja yang sedang berjalan di komputer saya. Mungkin inilah alasan kenapa beberapa orang-orang yang sudah terlanjur menggeluti Linux gak mau berpaling ke OS lain, termasuk saya yang sudah mulai menikmati tantangan baru bersama Tux si Pinguin yang tidak saya temui sebelumnya.

Tapi bukan berarti saya anti Wind*ws. Karena harus diakui Microsoft telah melahirkan jenius-jenius IT di negara kita dan turut berpartisipasi mencerdaskan putra-putri bangsa. Malah di blog ini saya pernah menulis beberapa tulisan tentang Wind*ws.

"Jika kamu mencintai negaramu, sementara uangmu gak cukup untuk membeli software untuk menghidupkan komputermu, gunakanlah Free/Open Source Sofware."

Indonesia, Go Open Source!

1 comment:

  1. bnr bgt sob, saya jg yg baru migrasi ke linux begitu, gak mau pindah ke os lain :D, mari biasakan memakai FOSS :D

    ReplyDelete